Minggu, 20 November 2011

Belajar Ngaji Lagi Yuk

Nih ceritanya suatu 3hari yang lalu saya terima sms untuk ngikutin Pelatihan ngajar Qur’an dengan metode yang baru yaitu metode ABATATSA, dikhususkan untuk guru TPA/TK/SD. Saya nyuekin tuh sms, soalnya diriQ kan bukan guru TPA/TK/SD. Cuma nih berselang beberapa menit ada telepon yg masuk nih dan nyuruh saya ikut pelatihan itu. Pikir saya nih lumayanlah ngisi waktu kosong dari pada harus di rumah terus (maklum lgi nganggur pemirsa, hehehe :-p)…

Nah karena sdah ngebayangin ngak akan ada peserta yang saya kenal, jdinya nih saya usahain teman saya juga ikut. Eh,ngak thunya beberapa jam sebelum berangkat k tempat pelatihan, teman saya tiba2 ngebatalin untuk ikut, padahal sya sdah siap nih, ah terus terang nih harus maksain kaki untuk melangkah biar tetap k tempat pelatihan.

Sengaja nih dilambat-lambatin pergi, udah tahu pasti acaranya ngaret, ckckck *Indonesia gitu lho*..
Metode ABATATSA itu berbeda dengan metode iqra’ yang selama ini kita pelajari dan ajarkan lho, bukunya hanya 2jilid ngak sampai iqra’ 6, hehehe. Butuh kreatifitas dalam mengajarkannya ^_^

Awal Pelatihan *ting tong ting tong*

Temanya Keren nih Fasilitator “Al-Qur’an adalah profesi terbaik”
  “Sebaik-baik manusia adalah yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya”

Dalam pelatihan ini nih, kite2 nih diajarin cara baca dan mengajarkan Al-qur’an yang benar. Nah ada istilah keren nih yang muncul, nama virusnya nih Virus merah jambu, eits salah salah “virus tilawah” maksudnya, hehehe… Mau tahu ngak apa virus tilawah itu???...

Virus tilawah itu kalau anak2 atau mungkin kita bisa juga *nah lho* ngebaca Al-qur’an tuh lancar tapi nih tidak memperhatikan pengucapan hurufnya sdah benar belum, panjang pendeknya sdah cocok belum, nah apalgi tajwidnya,.
(padahal salah ngucapin hurufnya saja nih, berarti udah beda artikan)….

Di hari ke2 pelatihan nih yang seru, ada simulasi cara ngajar anak2 ngaji yang tahu sendirikan gimana sulitnya ngatur anak2 usia SD *hohoho*… Nah anak2 tuh diminta untuk ngaji sesuai dengan tingkatannya masing2. Hehehe,ternyata kawan banyak nih yang cara bacanya asli salah (kalau kyak gini yang disalahin anak2nya atau guru ngajinya??? *Tanya pada rumput yang bergoyang deh :-p*)

So, kawan periksa lgi yuk car abaca qur’an kita, sudah lancer belum (lancer itu maksudnya Cepat dan bertajwid) ^_^….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar